Foto Jalan2 Tour De Sumbar

30 – May 2014

Perjalanan yg dimulai dengan mengambil cuti 7-hari. Dari tanggal 30-May 2014 sampai 5-Jun 2014. Destinasi pertama gw menuju Sawah Lunto.

Minum Kawa Daun

Kawa Daun

Tujuan pertama setelah gw dijemput di bandara kita menuju sawah lunto. Sempet mampir di Gugun Batuah. Dijalan Sawahlunto – Batusangkar. Paling enak makan gorengan dengan minum teh diatas batok kelapa. Yummy. Dingin-dingin minum ini. Slurp. Recomended!

31-May 2014

Icon Sawah Lunto

Selamat Pagi Sawah Lunto!
Destinasi pertama gw adalah menuju puncak bukit yg ada “Sawah Lunto”. Klo malam bukit ini nyala ada lampu2nya gtu mirip di Hollywood, walau belum mampu ke Hollywood setidaknya gw mampu merasakan sensasinya. Perjuaangan ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam tracking yg menanjak melewati pemukiman penduduk. Dan sampai puncaknya itu kepuasan sendiri, Pemandangan indah dari atas bukit. Ini prestasi.

Kaki gempor seharian tracking puncak bukit Sawah Lunto. Akhirnya gw di hotel seharian tidur pulas.

1-Jun 2014

Welcome June! Akhirnya hari ini keliling2 Sawah Lunto.

Kunjungan ke Terowongan Mbah Suro

Pas Kunjungan ke Terowongan Mbah Suro, suasana horor terjadi. Kelam, dingin dan basah. Pengunjung diharapkan memakai safety shoes dan helm. Dalam terowongan ini ada larangan tidak boleh mengambil foto dan hanya di beberaapa titik saja diperbolehkan. Dan banyak lubang2 yang ditutup dikarenakan belum disterilisasi. Sterilisasi disini maksudnya tulang belulang orang rantai yg tersisa belum diambil.

Orang Rantai disini maksudnya tahanan2 belanda baik politik maupun kriminal yg dikerahkan tenaganya (baca:kerja paksa) untuk mengekploitasi batu bara yg terkandung di perut Sawah Lunto. Horor kan?

Museum Kereta Api Sawah Lunto

Selanjutnya gw mengunjungi museum Kereta Api. Stasiun Kereta api pertama di Sawah Lunto. Mengangkut batu bara yg sudah diekpolitasi orang rantai dan didistribusikan keluar Sawah Lunto. Ada kereta bersejarah , kita menyebutnya Mak Itam, kereta api pertama di Sawah Lunto. Tapi sayang kurang dijaga dengan baik, di kandang Mak Itam atap pun sudah rubuh.

Cinema 4D

Amazing banget di Sawah Lunto gw bisa menemukan cinema 4D. Karena penasaran gw mencoba menonton. Dan terbilang boleh lah ya.

Museum Ransum

Destinasi terakhir ada namanya museum Ransum. Ransum itu kata lain dari makanan semcam bubur. Museum tempat ngasih makan orang2 rantai tadi. Dan ada IPTEK Centre juga lho.

souvenir ala Sawah Lunto

Soevenir dari sawah Lunto ini dibuat dari potongan Batu Bara yg dikreasikan. Harganya cukup murah dan bisa menjadi buah tangan dari Sawah Lunto.

2-Jun 2014

jalan pagi liat Silo

Rumah Gadang Pagaruyung — Batusangkar

Destinasi selanjutnya gw menuju Rumah Gadang Pagaruyung.  Kita mempelajari kebudayaan Minang Kabau dari sisi Rumah Adatnya.

Aia Angek — Bukitiinggi

Sejenak melepas lelah kita menginap di aia angek. Recomended menginap disini!

3-Jun 2014

Welcome Painan! Akhirnya gw menginjakkan kaki gw di Bukit LAngkisau. Bagus banget, ini landasan buat paralayang sih seharusnya. Tapi pemandangannya sungguh luar biasa.

Bukit Langkisau–Painan

Welcome Pantai Carocok. Ga terlalu jauh dari Bukit Langkisau kita jalan2 di Pantai Carocok. Keunikan pantai ini ada jalur tracking2nya di atas pantai yg dangkal.

Pantai Carocok — Painan

4-Jun 2014

Welcome Pulau–Pulau

Gw menginap di pulau pamutusan tapi pas lihat di GPS ternyata itu bukan pulau. *DENG! dan sangat tidak direkomendasikan kemari. Selain pantainya kotor, listrik tidak ada, fasilitas juga tidak oke! Masih dikelola secara pribadi dan belum profesional. Pulau yg direkomendasikan untuk camping saja. Catatan disini mohon yg camping sampahnya dibawa lagi ya!

Pulau Pagang — Pulau Pamutusan — Pulau Sikuai

Pulau Pamutusan ~ Pesisir Selatan

5-Jun 2014

akad nikah ratih dan adrie ~ Padang

Setelah seharian tiduur dihotel gw akhirnya menyempatkan diri menghadiri Akad nikah sahabat–saudara–teman kampus dulu, Happy Wedding Idung.

6-Jun 2014

Mampir juga kerrumah nenek di Padang Panjang sekaligus menghadiri pernikahan Saudara sepupu sekaligus Sahabat.

Wedding Wahyu ~ Padang Panjang

Kulineri Durian yg ga ada matinya.Perjalanan dari Padang Panjang ini ada cerita unik juga. Gw semobil sama ibu2 yang sudah mendedikasikan hidupnya selama 30tahun untuk mendidik anak2 yang mengalami liabilitas. Mencari kekampung-kampung dan mendidik anak2 tersebut. Wah salut sama ibu itu. Kisah ini gw tulis di sini.

kuliner Padang

7-Jun 2014

Hari terakhir ditutup dengan kunjungan kampus dengan acara career coaching yang disponsori oleh SCTV. Banyak perubahan yg terjadi dikampus.

Career Coaching Universitas Andalas

main ke kampus

Belanja Oleh2

Tulisan ini dipersembahkan untuk sahabat2ku khususnya Nanda dan Reni yang sudah rela menyisihkan waktunya semingguan buat nemenin jalan2. Kalian luar biasa.