Ini tulisan bertema yang tidak terlihat mainstream. Beberapa temen gw yang sejawat mungkin hanya minoritas yang mengetahui seberapa besar kekuatan reksadana untuk kekuatan finansial. Gw tertarik investasi sejak temen2 di grup WA gw mengangkat tema ini, saking tertarik tapi ga ngerti gw mencari tahu.

Ini gw share sepengetahuan gw ajašŸ™‚

Dimana sih beli Reksadana?

Ada beberapa alternatif kita mau beli dimana.

1. Beli di agent-agent
Agent reksadana ini berupa bank dan ada dimana2, lebih mudah beli disini, produknya lebih banyak bisa macam-macam dan kita bisa mix match beberapa produk dari beberapa MI

2. Beli di Manajer Investasi
Manajer investasi ini perusahaan yang mainin reksadana kita. Ilustrasinya dia yg ngebundlingin beberapa saham sehingga dijadikan sebuah produk.

Btw gw refer ke web bapepam.go.id karena web ini yang otoris bahwa produk2 tersebut dapat dipercaya.

Bagaimana Cara membelinya?

Siapin KTP-NPWP-Setoran Awal. Just it!!

Klo beli di agent mungkin lebih mudah karena kita bisa langsung datangĀ  ke bank-bank yang sudah terdaftar dan tinggal request ke CS-nya. Klo manajer investasi hampir sama seperti membeli di bank, kadang-kadang mereka juga suka pameran. Oia manajer investasi ini ada dimana2 lho tapi kadang2 kita ga sadar ini perusahaan apa. Malah mungkin ini kantornya ada disebelah kita. Perhatikan aja kata “securities” atau “asset managemet”.

Apa sih yang harus dibeli?

Ā Nah karena produknya yg seabrek, galau deh mau beli apa. Awal-awal emang takut rugi, uang kita kemana ya, ntar klo turun rugi dong. Beruntunglah pikiran ini menunjukkan bahwa kita masih manusiawi. Seperti ulasan gw sebelumnya reksadana terbagi 3 bagian tergantung jangka waktu timbal hasil yang diinginkan.

Masih bingung? Oke gw mencoba breakdown ya.

Gw mau punya uang 10.000.000 3 bulan lagi dari sekarang tapi uang cuman punya 9.500.000. Ngarep deposito ga mungkin.Ā  Karena deposito bunganya 7% (paling gede) itupun jangka waktunya setahun.

PertamaĀ  Mungkin pertimbangan pertama lokasi terdekat yg jual reksadana. Misal terdekat Bank Mandiri. Lalu Cek disini. Klik salah satu cabang bank mandiri terdekat. Terpampang disana produk2 yang dijual oleh bank mandiri.

Step-1 Pilih produk Reksdana

Kedua Mencari dan Cek kinerja saham yang kira2 mampu memenuhi ekspektasi kita disini. Tinggal masukkan pada keyword search.

Step-2 Cari Keyword Reksadana

Step-3 Baca Kinerja Reksadana

Ā Ketiga setelah mencari2 produk yang sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi kita dengan mengikuti step-1 sampai step-3. Kita bisa langsung eksekusi deh ke Agent / MI untuk beli reksadananya.

Selamat BerinvestasišŸ™‚

referensi:

http://gemasatria.wordpress.com/2013/01/03/reksadana-pertama-gueee-cara-cara-berinvestasi-di-reksadana/

http://phillipsecuritiesindonesia.wordpress.com/2013/03/11/tips-investasi-reksa-dana-tahun-ini/