Selain Cover letter, salah satu penunjang perusahaan untuk meilih pekerjanya adalah CV (curriculum vitae). Kita sering bertanya-tanya seperti apa sih yang menarik, yang membuat perusahaan bisa menentukan kita salah satu calon yang pantas menduduki posisi tersebut.

Berikut tipsnya:

1. CV yang kita buat sederhana tidak terlalu banyak warna, padat dan berisi

2. Foto diharuskan sederhana atau minimalis, untuk wanita tidak memakai make up tebal atau foto ijazah.

3. Masukkan pengalaman kerja praktek

Kita seorang freshgraduate (S1) pengalaman kerja belum ada,TIDAK KOK , kita bisa memasukkan info perusahaan tempat kita praktek serta deskripsi kerja kita saat kita magang / kerja praktek d suatu tempat

4. Tunjukkan kekuatan penelitian kita

Sebelum kita disahkan sebagai seorang sarjana, kita membuat 2 laporan ber-sks kan (kerja praktek dan tugas akhir/skripsi). Laporan tersebut dimasukkan kedalam CV kita serta permasalahan sampai kesimpulan akhir dari laporan tersebut maksimal 2 line saja,inti-inti nya saja dimsukkan karena capek juga kan baca lama2.

5. Tunjukkan kemampuan berbahasa kita dan kemampuan komputer kita.

Perusahaan ingin tahu dong kemampuan kita sebagai kualifikasi dari posisi yang ditawarkan. Nah disana perlihatkan kemampuan kita. Untuk bahasa , baik secara lisan,tulisan maupun membaca.

6. Proporsional

CV kita harus proposional dong. Biar gampang dibaca oleh hrd perusahaan.Baik secara tulisan , margin dan lay outnya.

7. Expose segala kegiatan, pencapaian, yang pernah dilakukan

Expose semuanya , baik jadi panitia kecil-kecilan, aktivasi dalam organisasi, seminar, workshop training. Tunjukkan semuanya. Sebagai freshgraduate , perusahaan pengen tau dong, seberapa supelnya sih ini orang. Hal ini juga dipertimbangkan perusahaan loh untuk menentukan calonnya. Karena dengan hal ini menunjukkan seberapa supelnya orang ini untuk beradaptasi apabila diterima sebagai pekerja. Tunjukkan semuanya yg bersetifikat dan tidak.

8. Masukkan referensi2 nama penting dosen

Ini juga penting loh karena perusahaan ingin mengetahui siapa sih kita. Dengan ini perusahaan bisa mengenal hubungan social kita lebih jauh. Untuk pelamar yang berpengalaman bisa masukkan nama bosnya. Klo untuk freshgraduate kita bisa memasukkan nama dosen maupun saudara kita yang menduduki jabatan tinggi di perusahaan maupun di instansi tertentu. So jangan berfikir freshgraduate ga ada nama referensi.

9. Untuk pengiriman via email maupun dengan webheadhunter file CV dalam bentuk pdf tidak terlalu besar kadang ada perusahaan yg minta max 100kb

Kadang perusahaan mengingin kan file pdf max 100kb. Gmna nih caranya. Langkah yang harus dilakukan adalah:

a.Pastikan foto kita sudah dikompres. Kompres foto dengan menggunakan Microsoft Picture Manager > Edit Picture > Compress Picture (pilih web atau e-mail-tergantung kebutuhan)

b.Conver doc menjadi pdf.Ada add in gratis.

http://www.microsoft.com/downloads/en/details.aspx?FamilyID=f1fc413c-6d89-4f15-991b-63b07ba5f2e5&displaylang=en

c. Miliki Adobe Acrobat. Bisa di donlot di:

http://www.maknyos.com/sfq5w699d4k6/Adobe_Acrobat_9_Pro_Extended.rar.html

d. Langkah selanjutanya bisa di lihat di link

http://harr51.wordpress.com/2007/02/14/howto-compressing-pdf-with-adobe-distiller/

10. Nah ini gambaran dari CV yang saya buat.

11. CV selesai.dan siap untuk diupload.😀

referensi lain:

http://suryosumarto.com/7-syarat-membuat-cv-atau-resume-yang-menjual/

http://suryosumarto.com/perlukah-menyertakan-cover-letter/